PENILAIAN PERKEMBANGAN BALITA DI KAMPUNG WONOSARI KELURAHAN BATU IX KECAMATAN TANJUNGPINANG TIMUR

Yeti Trisnawati, Sisi Safira

Sari


Perkembangan balita harus selalu dipantau melalui deteksi dini secara rutin dan teratur agar tidak terlambat dalam penanganan jika ditemukan adanya masalah dalam tumbuh kembangnya. Deteksi tumbuh kembang adalah upaya yang dilakukan untuk menentukan penyimpangan tumbuh kembang anak sedini mungkin. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui status perkembangan Balita di RT 3 RW 11 Kampung Wonosari. Metode yng digunakan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap persiapan, sosialisasi dan pelaksanaan dengan menggunakan kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) terhadap 9 balita yang dalam 2 tahun terkahir tidak melakukan kunjungan ke Posyandu. Hasil kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat yang telah dilakukan di RT 3 RW 11 Kampung Wonosari ditemukan bahwa dari 9 balita yang dinilai perkembangannya terdapat 8 balita yang sesuai dengan usianya, dan ada 1 balita dalam kategori meragukan. Pemeriksaan deteksi dini perkembangan anak perlu dilakukan secara rutin oleh orang tua untuk mengantisipasi adanya gangguan perkembangan sehingga penanganan dapat dilakukan dengan tepat.

Kata Kunci: Penilaian, Perkembangan, Balita,  KPSP


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni dan Indrarti. 2010, Klasifikasi Status Gizi balita Berdasarkan Indeks Antropometri Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan, Jurnal SNASTI 2010 : ICCS-14.

Depkes RI dan IDAI, 2005, Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak, Jakarta.

Diana FM, 2010, Pemantauan Perkembangan Anak Balita, Jurnal Kesehatan Masyarakat Maret-September, 2010, Volume. 4, No. 2, Hal 116-129

KemenKes RI, 2011, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Standar Antropometri Penilaian Gizi Anak, Jakarta, Direktorat jenderal Bini Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak.

KemenKes RI, 2014. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Soetjiningsih, 2002, Tumbuh kembang Anak, Jakarta, EGC.

Soetjiningsih. 2003. Perkembangan Anak dan Permasalahannya. Jakarta: EGC.

Soedjatmiko, 2001, Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita, Jurnal Sari Pediatri Vol 3, No 3 Desember 2001, Hal 175-188.

Wigunantiningsih A dan Fakhidah LN, 2019. Penilaian Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita Dengan Menggunakan Kpsp Di Paud Wijaya Kusuma Papahan Tasikmadu Karanganyar. Jurnal Abdimas PHB Vol 2 No 2 Juni Tahun 2019. Hal 10 – 11.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.