EDUKASI PERILAKU BUANG SAMPAH YANG BENAR PADA ANAK SEKOLAH PAUD PELITA INSANI RT.02/RW.04 KELURAHAN MELAYU KOTA PIRING

Etika Khoiriyah, Afriani Safitri

Sari


Lingkungan  hidup    adalah kesatuan  ruang  dengan  semua  benda,  daya,  keadaan  dan  makhluk  hidup,  termasuk manusia  dan  perilakunya  yang  mempengaruhi  kelangsungan  perikehidupan  dan kesejahteraan  manusia  serta  makhluk  hidup  lainnya. Perilaku hidup bersih dan sehat salah satu pendukung terbentuknya kualitas kesehatan jasmani generasi muda. Pendidikan kesehatan dibutuhkan dalam tahapan pembentukan perilaku hidup bersih dan sehat. Kebiasaan kesehatan, dapat dilakukan melalui program pendidikan kesehatan, gizi, dan olah raga pada anak usia dini. Semakin dini individu dibiasakan untuk menghargai lingkungan maka semakin dini pula kesadaran individu untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang buang sampah pada tempatnya di  PAUD Pelita Insani Rt 02/Rw 04 Kelurahan Melayu Kota Piring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dengan memberikan penyuluhan diselingi dengan memberikan video interaktif dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan di PAUD Pelita Insani Rt 02/Rw 04 Kelurahan Melayu Kota Piring 80% anak-anak memahami edukasi yang telah diberikan dengan mampu menjawab game pertanyaan yang telah diberikan. Kegiatan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta merubah pola pikir untuk selalu menjaga lingkungan dimulai dari membuang sampah pada tempatnya.

 

Kata Kunci: Perilaku, Buang Sampah, Buang Sampah yang Benar, Anak Sekolah

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alex. SuksesMengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik, Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Damanhuri, E dan Padmi, Tri. 1999. Probleme de Dechets Urban en Indonesie, TFE ENTPE (Perancis), 1982 E. Damanhuri (Editor): Teknik Pengelolaan Persampahan – Modul A dan Modul B, Disiapkan untuk PT. Freeport Indoensia. Bandung: Teknik Lingkungan ITB.

Gelbert, M. dkk., 1996. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall Chart”. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup. Malang: PPPGT/VEDC.

Hadiwiyoto, S. 1983. Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: Yayasan Idayu.

Martsiswati dan Suryono. 2014. Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 1 – Nomor 2 Hal.188-198

Sekarningrum, Bintarsih., Yunita, Desi., Sulastri, Sri., 2017, Pengembangan Sampah pada Masyarakat di Bantaran Sungai Cikapundung, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN 1410 – 5675, Vol. 1, No. 5, Oktober 2017: 292 – 298.

Sucipto, Cecep Dani. 2009. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Jakarta: Goysen Publishing.

Suryani, Andita., Fatika, Sheila., Larasaty, Fransiska Murni., Yanto, Yana Resti., Deo, Stephanus Debby Christmas. 2019. Peningkatan Kepedulian Pembuangan Sampah dengan Media Salam Bidadari di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdimas Altruis, Volume 2, No.1

Tchobanoglous. 1993. Integrated Solid Waste Management. Mc. Grw Hill: Kogakusha

Tchobanoglous, G. Theisen dan Vigil, S.A. 1993. Integrated Solid Waste Mangement Engineering Principles and Mangement Issues. Singapore, Mc. Grw Hill.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.