PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PREEKLAMSIA PADA IBU HAMIL DI RW 11 KELURAHAN BATU IX KECAMATAN TANJUNGPINANG TIMUR

Shinta Ayu Retnawati, Nova Daresfa

Sari


Preeklampsia sebagai salah satu komplikasi kehamilan dan persalinan masih merupakan masalah kebidanan yang belum dapat terpecahkan secara tuntas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil terkait preeklamsia. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pendidikan kesehatan pada ibu hamil. Hasil kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat yang telah dilakukan di RW 11 Kampung Wonosari disimpulkan bahwa ibu hamil mulai memahami tanda bahaya preeklamsia. Perlu perhatian bagi ibu hamil untuk rutin melakukan kunjungan ANC, mencari informasi dari pelayanan kesehatan agar dapat meminimalisir kejadian yang berakibat buruk terhadap penyakit dan komplikasi yang diderita pada saat kehamilan, serta memperhatikan pola makan agar tetap terjaga berat badan selama masa kehamilan.

 

Kata Kunci: pendidikan kesehatan, ibu hamil, preeklamsia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Manuaba, IBG, (2011) Ilmu Kebinanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Mauludiyah, I., Faiza, E. I. & Ermadona, M. M. (2015 ). Optimalisasi Kelompok Lansia Dalam Studi Budaya Jawa : Peran Orang Tua Dalam pengenalan High Risk Pregnancy Sebagai Upaya Improve Maternal Health. Maternity, Vol. 2 No. 1 8-14.

Mulyati & Yuliastanti, T. (Desember 2012). Implementasi Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi Dengan Deteksi Dini Ibu Hamil Resiko Tinggi. Jurnal Kebidanan, Vol. IV, No. 02, 71-83.

Trisnawati Y, 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pre-Eklamsia/Eklamsia Pada Ibu Bersalin Di RSUD Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. GASTER Vol. XVI No. 2 Agustus 2018. 216-231. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.278

Saifuddin, 2014. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta: PT Yayasan Bina Pustaka

WHO Study Group. (2013) The hypertensive disorders of pregnancy. WHO technical report series no 758. Geneva: World Health Organitation.

Widarta, G. D., Laksana, M. A. C., Sulistyono, A. & Purnomo, W. (Januari - April 2015). Deteksi Dini Risiko Ibu Hamil dengan Kartu Skor Poedji Rochjati dan Pencegahan Faktor Empat Terlambat. Majalah Obstetri & Ginekologi, Vol. 23 No. 1 28-32.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.