PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENTINGNYA PEMANTAUAN BERAT BADAN IBU SELAMA HAMIL DI RW 11 KELURAHAN BATU IX KECAMATAN TANJUNGPINANG TIMUR

Shinta Ayu Retnawati, Murdawati Murdawati

Sari


Pertambahan berat badan ibu selama hamil mempengaruhi status gizi ibu dan janinnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil terkait kenaikan berat badan selama hamil. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pendidikan kesehatan pada ibu hamil. Kegiatan pendidikan kesehatan kepada ibu-ibu hamil dilaksanakan dengan bantuan leafleat dan metode ceramah mengenai  pentingnya kenaikan berat badan selama hamil. Hasil kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat yang telah dilakukan di RW 11 Kampung Wonosari disimpulkan bahwa ibu hamil mulai memahami pentingnya memantau kenaikan berat badan selama hamil. Perlu perhatian bagi ibu hamil untuk rutin melakukan kunjungan ANC, mencari informasi dari pelayanan kesehatan agar dapat agar tetap terjaga berat badan selama masa kehamilan.

 

Kata Kunci: pendidikan kesehatan, ibu hamil, kenaikan berat badan

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Manuaba, IBG, (2010) Ilmu Kebinanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Khoiriah, F., Angraini, D. I., Carolina. N., & Sukohar, A. Hubungan Pertambahan Berat Badan Ibu Selama Hamil Dengan Berat Bayi Lahir Rendah. 2016. https://scholar.google.co.id/.

Sulistyawati, A. Asuhan Kehamilan pada Masa Kehamilan. Jakarta : Salemba Medika. 2009.

Kathlen, et al. Comite to Rexamine IOM Pregnancy : Weight Guideline. Washington D C : The National Academic Press. 2009

Subiyanto dan Sowwam, M. Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil dengan Bayi Berat Lahir Rendah di Desa Taraman Sidoharjo Sragen Tahun 2013. 2014. https://nanopdf/hubungan-antara-kenaikan-berat-badan-ibu-hamil-denganberat-bayi_pdf.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.