PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MANFAAT ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MELAYU KOTA PIRING TANJUNGPINANG

Shinta Ayu Retnawati, Tri Masiktah

Sari


ASI sebagai makanan yang terbaik bagi bayi tidak perlu diragukan lagi, namun akhir-akhir ini sangat disayangkan banyak diantara ibu-ibu meyusui melupakan keuntungan menyusui. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu bayi  terkait manfaat asi eksklusif. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pendidikan kesehatan pada ibu bayi. Hasil kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat yang telah dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Melayu Kota Piring disimpulkan bahwa ibu bayi meningkat pengetahuannya mengenai manfaat asi eklusif. Perlu peningkatan penyuluhan kesehatan secara umum khususnya tentang ASI dan menyusui kepada masyarakat, khususnya kepada ibu hamil tentang gizi dan perawatan payudara selama masa kehamilan, sehingga produksi ASI cukup

 

Kata Kunci: pendidikan kesehatan, ibu bayi, asi eksklusif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Manuaba, IBG, (2011) Ilmu Kebidann, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Depkes RI. (2001). Manajemen Laktasi Buku Panduan Bagi Bidan dan Petugas Kesehatan di Puskesmas. Jakarta: Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat.

Ilhami, M.F. (2015). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif dengan Tindakan Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Kartasura. https://eprints.ums.ac.id/39484/.

Maritalia, D. (2012). Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roesli, U. (2008). Manfaat ASI dan Menyusui. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.