ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. E DAN BAYI .E DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI BIDAN R KOTA TANJUNGPINANG

Anti Wasilah, Etika Khoiriyah

Sari


Latar Belakang:  Jumlah AKI dan AKB di Indonesia masih cukup tinggi. Menurut Survey Demografi dan Kesehatan  Indonesia  (SDKI)  AKI  tahun  2012  yaitu  sebanyak  359  per  100.000  kelahiran hidup, sementara AKB tahun 2012 yaitu 32 per 1000 kelahiran hidup. Bidan merupakan bagian dari tenaga kesehatan yang mempunyai peran yang strategis dalam menurunkan  AKI  dan  AKB  untuk  memberikan  pelayanan  kesehatan  dan  asuhan komprehensif secara menyeluruh dari mulai kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir serta imunisasi dan KB sesuai dengan standar pelayanan kebidanan. Tujuan dari asuhan ini adalah melaksanakan asuhan kebidanan komprehensif pada Ny. E umur 37 tahun dan Bayi E di BPM  Bd. R Kota Tanjungpinang.

Metode:  Laporan ini menggunakan teknik observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan pada bulan Desember 2017 s/d April 2018 dengan subyek Ny. E dan bayinya di BPM Bd. R Tanjungpinang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan pengumpulan data primer yaitu dengan wawancara dan data sekunder dari dokumen. Adapun hasil pengkajian data yang dilakukan sesuai dengan metode dan pendokumentasian        SOAP.

Kesimpulan: telah dilaksanakan asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny. E dan bayinya yang dalam pelaksanaannya terdapat masalah yaitu retensio plasenta. Diharapkan dapat melakukan kunjungan dari masa kehamilan sampai nifas dan ber-KB, agar masalah atau ketidaknyamanan subjek dapat segera teratasi dan tercipta rasa aman nyaman.

 

Kata Kunci : asuhan, kebidanan, komprehensif, bidan, tanjungpinang


 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, M. 2010. Buku Pintar Kehamilan.Jakarta: EGC

Dewi, V. N. L. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta: Salemba Medika

Dinkes Kota Tanjungpinang. 2017. Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Tanjungpinang: Dinas Kesehatan Bidang Kesga (http://.depkes.go.id diakses pada tanggal 12 Desember 2017)

Estiwidani, dkk. 2008. Konsep Kebidanan.Yogyakarta: firamaya

Farihatin, Yuyun. 2016. Kehamilan Risiko Tinggi Dengan Umur ≥ 35 Tahun Dan Primi Tua Sekunder. Jurnal Penelitian AKBID Mandiri Gresik

Kemenkes RI, 2014. Angka Kematian Ibu dan Bayi. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI (www.depkes.co.id diakses pada tanggal 14 Maret 2018 jam : 19.00 WIB)

Kemenkes RI, 2010. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWSKIA). Jakarta : Kemenkes RI

Kemenkes RI, 2015. Health Statistics, Jakarta: Kementrian Indonesia

Nurafani, 2016. Materei Tentang Kebidanan.http://desynurafani.blogspot.co.id/2016/06/materi-abortus.html. Diakses tanggal 28 Desember 2017 pukul 17.00 WIB)

Nugroho, Taufan. 2014. Buku Ajar ASKEB 1 Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika

Permatasari, Fenny, Apriana, dkk. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Perlengketan Plasenta (Retensio Placenta) di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Sebuah Studi Kasus Kontrol: Arkesmas, volume 2, nomor 1,

Purwaningsih, Endah., Dan Wati, Rita, Susilo. 2011. Pengaruh Kontrasepsi Suntik Terhadap Pengeluaran Asi Eksklusif Di Bps Triparyati Kemalang Kemalang Kabupaten Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, Vol. 1, No. 1(http://ejournal.stikesmukla.ac.id/index.php/involusi/article/viewFile/14/10. Diakses pada tanggal 03 Januari 2018)

Rohani, dkk. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Persalinan, Kelahiran, dan Kesehatan Wanita. Yogyakarta: Salemba Medika

Tresnawati, Frisca. 2012. Asuhan Kebidanan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Ujiningtyas, Sri Hari, B. 2009. Asuhan Keperawatan Persalinan Normal. Yogyakarta: Salemba Medika

Uliyah, M. 2010. Awas KB! Panduan Aman dan Sehat Memilih Alat KB. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi

Prawirohardjo, S. 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Rukiyah, dan Yulianti. 2012. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. DKI Jakarta: CV. Trans Info Media

Lusiana, Novita, dkk.2015.Buku Ajar Metodologi Penelitian.Yogyakara: CV Budi Utama

Walyani, E.S. 2015. Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Cakrawala Kesehatan is indexed by: