HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU SALIARA WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU 10 KOTA TANJUNGPINANG

Ratna Sari, Imelda Imelda, Yeti Trisnawati

Sari


Latar Belakang:  Kasus seputar kesehatan reproduksi remaja semakin meningkat disebabkan ketidakpahaman remaja terhadap berbagai aspek reproduksi yang berhubungan dengan dirinya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan remaja putri tentang kesehatan organ reproduksi wanita dan karakteristik yang mempengaruhinya di Kampung Sidomulyo Kota Tanjungpinang.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan rancangan cross sectional terhadap 55 remaja putri dengan teknik pengambilan sampel purposif sampling. Pengumpulan dilakukan melalui kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas. Pengelolaan data dilakukan secara spss dan komputerisasi, dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square.

HasiL: Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang cukup terkait kesehatan organ reproduksi sebanyak 56,4%. Hasil analisis data menggunakan uji chi square didapatkan nilai p-value untuk umur p = 0,012 (p<0,05), pendidikan p = 0,005 (p<0,05) dan informasi mengenai perawatan kesehatan organ reproduksi wanita p = 0,002 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa karakteristik umur, pendidikan dan informasi mengenai perawatan kesehatan organ reproduksi wanita berhubungan dengan pengetahuan mengenai kesehatan organ reproduksi wanita.

Kesimpulan: sebagian besar pengetahuan remaja putri tentang kesehatan organ reproduksi wanita memiliki pengetahuan dengan kategori cukup yaitu sebanyak 31 orang responden (56,4 %).  Karakteristik umur, pendidikan dan informasi mengenai perawatan kesehatan organ reproduksi wanita berhubungan dengan pengetahuan kesehatan organ reproduksi wanita pada remaja putri di Kampung Sidomulyo Kota Tanjungpinang.

 

Kata Kunci : pengetahuan, kesehatan, organ reproduksi, remaja putri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriani, M & Wirjatmadi, B, (2012). Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

______,(2014). Gizi dan Kesehatan Balita. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dinas Kesehatan Provins iKepulauan Riau, (2015). Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau 2015.

Hidayat, A.A, (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta :Selemba Medika.

________,(2011). Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta :Selemba Medika.

Hasdianah, dkk, (2014). Gizi Pemanfaatan Gizi, Diet, dan Obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Jannah, M, &Maesaro, S, (2014). Hubungan Tingkat PendidikanIbudengan Status Gizi Balita di Posyandu Bangun sari Semin Gunung Kidul.

Kementrian Kesehatan RI, (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

_______,(2016). Buku Saku Pemantauan Status Gizi Dan Indikator Kerja Gizi. Jakarta Direktorat Gizi Masyarakat.

Mubarak WahitIqbal, (2011). Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Selemba Medika.

_____, (2012).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mulyandari A & Sharcnel CN (2018). Hubungan Perilaku Ibu Tentang Status Gizi dengan Pertumbuhan Balita di Posyandu Saliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10. Jurnal Cakrawala Kesehatan, Vol. IX, No.01, Agustus 2018. http://e-jurnal.anugerahbintan.ac.id/index.php/jcn/article/view/214

Oktaviana, I, (2015). Tingkat pendidikan ibu dengan status gizi balita di Posyandu Desa Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Soetjiningsih, (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Solechah, N.L, (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Status Gizi Anak Balita di Posyandu Desa Mrican Wilayah Kerja Puskesmas Setono Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.

Suarni&Kadir, A, (2015). Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga dengan Status GiziAnakBalita di PuskesmasBatua Makassar.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tantejo, B, dkk, (2013). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas XIII Koto Kampar.

Trisnawati, Y. (2017). Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Selama Hamil dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di RSUD Kota Tanjungpinang Tahun 2017. http://e-jurnal.anugerahbintan.ac.id/index.php/jcn/article/view/202


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Akademi Kebidanan Anugerah Bintan
Jl. Lembah Merpati Km 13, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau

pISSN 2087-4944
eISSN 2655-1829