HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA AKSEPTOR KB SUNTIK DI BPM FITRIANI,SST KOTA TANJUNGPINANG

Ani Mulyandari, Noviyanti Noviyanti

Sari


Latar Belakang : Menurut WHO, Kontrasepsi hormonal sebagai salah satu alat kontrasepsi yang meningkat tajam. Pemakaian kontrasepsi hormonal terbanyak adalah suntik yaitu 38,3% akan tetapi kontrasepsi suntik memiliki efek samping yang mempengaruhi semua wanita, khusunya wanita yang menerima KB suntik 3 bulan. Salah satu efek samping yang dialami yaitu perubahan siklus menstruasi. dimulai dalam bentuk perdarahan tidak teratur dan bercak darah yang berlangsung tujuh hari atau perdarahan hebat selama beberapa bulan pertama. Kadang durasi menstruasi menjadi lebih jarang dan lebih pendek sampai mengalami amenorrea.

Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode analitik dan pendekatan secara Cross Sectional, Populasinya adalah ibu pengguna KB suntik, Sampel yang diambil sebanyak 105 orang dengan menggunakan rumus Notoadmodjo (2012). Teknik pengambilan sampel adalah Accidental Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner. Kemudian datanya dianalisis secara bivariat untuk menghubungkan antara dua variabel dari hasil yang nantinya akan dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam pembahasan.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 38 responden (73,1%) yang menggunakan KB suntik 1 bulan mengalami siklus menstruasi normal dan dari responden yang menggunakan KB suntik 3 bulan tapi mengalami menstruasi yang normal yaitu 8 responden (15,1%). Sedangkan yang menggunakan KB suntik 1 bulan 14 responden (26,9%) mengalami siklus menstruasi yang tidak normal dan pada responden yang menggunakan KB suntik 3 bulan terdapat 45 responden (84,9%) yang mengalami siklus menstruasi tidak normal.Dengan uji Chi Square menunjukkan hasil p value (0,00 < 0.05), Sedangkan secara manual diperoleh hasil X2 hitung (42,48) > X2 tabel (3,841).

Kesimpulan : terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan kontrasepsi suntik dengan siklus menstruasi pada akseptor KB suntik di BPM Fitriani Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang tahun 2019.

 

Kata Kunci : pengetahuan, kesehatan, organ reproduksi, remaja putri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrews, Gilly. (2009) Buku Ajaran Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2, Jakarta: EGC.

Arikunto, Suharsimi. (2010) Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS), [Indonesia]. 2011. Pedoman Wawancara Rumah tangga dan Wanita SDKI 2012. Jakarta: BPS.

Gustika A & Khoiriyah E, 2018. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Penggunaan KB suntik 3 Bulan pada Akseptor KB di BPM Fitriani dan BPM Evi. http://e-jurnal.anugerahbintan.ac.id/index.php/jcn/article/view/225 diakses tanggal 20 Juni 2019

Hartanto, Hanafi. (2010) Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2011) Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisi Data, Salemba Medika, Jakarta.

Kusmiran, Eny (2011) Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita, Salemba Medika, Jakarta Selatan.

Mubarak, Wahit.i. (2011) Promosi kesehatan untuk kebidanan, Salemba medika, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012) Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Pratiwi. (2014).Gambaran Kejadian Efek Samping KB Suntik Tiga Bulan Di Puskesmas Morgangsan Yogyakarta.

Prawirohardjo Sarwono. (2011) Ilmu Kandungan Edisi Ketiga, Jakarta.

Purwoastuti, Th. Endang dan Walyuni, Elisabeth Siwi (2015) Panduan Materi Kesehatan Reproduksi & Keluarga Berencana, Yogyakarta.

Riskesdes. 2017. Riset Kesehatan Dasar.

Rosita, Dewi Siskana. 2012. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Kontrasepsi Suntik Devo Medroksi Progesteron Asetat (DMPA) Di Rumah Bersalin Sehat Gentungan Ngargayoso Karanganyer.

Saifuddin AB. 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo: Jakarta.

SDKI. 2012. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017.

Sugiyono.(2010) Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Trisnawati Y & Handayani S, 2015. Tinjuauan Lama pemakaian Kontrasepsi Depo Medroxy Progesterone Acetate Berdasarkan Kejadian Amenorea. https://www.jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/81. diakses tanggal 18 Juni 2019.

Varney, Helen. Kriebs, jan M. Gegor, Carolyn L. (2006) Buku Ajaran Asuhan Kebidanan Edisi Empat, Jakarta: EGC.

Yanuar, 2010. Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Pasangan Usia Subur tentang KB terhadap Pemilihan Kontrasepsi, Yogyakarta. UII


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Akademi Kebidanan Anugerah Bintan
Jl. Lembah Merpati Km 13, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau

pISSN 2087-4944
eISSN 2655-1829