STUDI EKSPLORATIF IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KLINIK COC PADA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKES ESTU UTOMO BOYOLALI
Sari
Latar belakang: Model CoC merupakan pengembangan model asuhan kebidanan yang diterapkan dalam program pendidikan bidan, yang didesain untuk melibatkan siswa agar memperoleh pengalaman secara langsung dalam pengembangan hubungan profesional dengan memberikan asuhan kebidanan yang berkelanjutan. Pengalaman dalam implementasi model pembelajaran klinik yang dirasakan oleh mahasiswa, dosen maupun bidan pembimbing klinik memberikan kontribusi terbesar untuk pengembangan strategi pembelajaran klinik yang efektif dalam pendidikan kebidanan.
Tujuan: Untuk menggali pendapat mahasiswa kebidanan, dosen dan bidan pembimbing tentang implementasi model pembelajaran klinik kebidanan CoC pada program studi DIII Kebidanan Stikes estu Utomo Boyolali.
Metode: Penelitian kualitatif untuk menggali pendapat mahasiswa kebidanan, dosen dan bidan pembimbing tentang model pembelajaran klinik CoC melalui diskusi kelompok terfokus (DKT). Diskusi kelompok mahasiswa dilakukan hingga 4 kelompok (masing-masing terdiri dari 8 orang mahasiswa tingkat akhir Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali), 2 kelompok dosen Akbid Estu Utomo Boyolali (masing-masing 7 orang), dan 2 kelompok bidan pembimbing klinik (masing-masing 6 dan 7 orang). Analisis data menggunakan software Atlas.Ti 6.1, untuk melakukan proses koding dan kategori dari transkrip verbatim.
Hasil: Ada 6 tema yang dihasilkan dari DKT untuk menggali perspektif mahasiswa, dosen maupun bidan pembimbing tentang model pembelajaran klinik kebidanan CoC sangat ideal yaitu : “adanya target kasus”, “durasi praktik klinik”, “penempatan klinik”, “bimbingan klinik”, “dokumentasi laporan”, dan “penilaian praktik klinik”. Dari ke-6 tema, menunjukkan bahwa model pembelajaran klinik kebidanan CoC yang dirancang dengan baik mencakup 6 aspek tersebut dalam persiapan praktik klinik.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa, dosen maupun bidan pembimbing klinik merasakan bahwa model pembelajaran klinik CoC merupakan model yang ideal diterapkan pada pendidikan DIII kebidanan karena lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas untuk mencapai kompetensi asuhan kebidanan..
Kata kunci: Model Pembelajaran klinik kebidanan, Continuity of care, CoC, praktik klinik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hutchings, A., Williamson, G.R., Humphreys, A., 2005. Supporting learners in clinical practice: capacity issues. Journal of Clinical Nursing 14 (8), 945– 955.
Depkes RI. (2002). Kurikulum Pendidikan D-III kebidanan. Jakarta: Depkes RI.
International Confederation of Midwives (ICM). (2010). Global Standards for Midwifery Education. www.internationalmidwives.org (diakses 22-04-2012).
International Confederation of Midwives (ICM). 2011. The Philosophy and Model of Midwifery Care www.internationalmidwives.org (diakses 22-04-2012).
Australian College of Midwives (ACM) Inc. (2001). Standards for the accreditation of three year Bachelor of Midwifery programs. Canberra: Australian College of Midwives.
Australian College of Midwives (ACM). (2004). ACM Philosophy for Midwifery. http://www.midwives.org.au/AboutUs/ACMPhilosophyforMidwifery/tabid/256/Default.aspx diakses : 21-3-2012
ANMC, (2009). Standards and criteria for the accreditation of nursing and midwifery courses leading to registration, enrolment, endorsement and authorisation as a midwife in Australia. Australian Nursing and Midwifery Accreditation Council, Canberra.
Doyle D, Nypaver C: Nurse-Midwifery: art and science. Nurs Clin North Am 2012, 47(2):205–213.
Fullerton J, Gherissi A, Johnson P, Thompson J: “Competence and competency: core concepts for international midwifery practice”. Int J Childbirth 2011, 1(1):4–12. 9.
Giarratano G: Woman-centred maternity nursing education and practice. J Perinat Educ 2003, 12(1):18–28.
Leap N: Woman-centred or women-centred care: does it matter? J Perinat Educ 2009, 17(1):12–16.
Romios P, Naksook C: Exploring women centred care in maternity care project: final report. Melbourne: La Trobe University; 2006.
The Royal College of Midwives: Woman centred care -position statement. London: The Royal College of Midwives; 2008.
International Confederation of Midwives: ICM international definition of the midwife. The Hague: International Confederation of Midwives; 2011.
Australian College of Midwives: Definition of a midwife. Canberra: Australian College of Midwives; 2005.
Pope R, Graham L, Swattee P: Woman-centred care. Int J Nurs Stud 2001, 38:227–238.
Leap N: The less we do the more we give. In The midwife-mother relationship. Secondth edition. Edited by Kirkham M. Hampshire: Palgrave Macmillan; 2010:17–36.
Brady S, et al: A protocol for evaluating progressive levels of simulation fidelity in the development of technical skills, integrated performance and woman centred clinical assessment skills in undergraduate midwifery students. BMC Medical Education 2013: 13-72
Australian Nursing and Midwifery council: National competency standards for the midwife. Dickson: ACT; 2006.
Fleming VE. Women-with-midwives-with-women: a model of interdependence. Midwifery 1998;14(3):137–43.
Pairman S. Midwifery partnership: a professionalizing strategy for midwives. In: Kirkham M, editor. The midwife-mother relationship. Basingstoke: Palgrave Macmillan; 2010.
Lundgren I, Berg M. Central concepts in the midwife-woman relationship. Scand J Caring Sci 2007;21(2):220–8.
Anglia Ruskin University. Student Midwife Caseload Holding Guidelines. updated in March 2012 by Maxine Wallis-Redworth. From: www.anglia.ac.uk/mentors.
Glover, P., 2003. Follow through experiences - as midwifery curriculum. Australian Midwifery Journal 16 (2), 5-6
Gray, J., et al., 2012. The ‘follow-through’ experience in three-year Bachelor of Midwifery programs in Australia: A survey of students. Nurse Education in Practice 12 (2012) 258-263
Homer, C., Brodie, P., Leap, N. (Eds.), 2008. Midwifery Continuity of Care: A Practical Guide. Elsevier, Sydney.
Siebold, C., 2005. The experiences of a first cohort of Bachelor of Midwifery students, Victoria, Australia. Australian Midwifery Journal 18 (3), 9-16.
Rolls, C., McGuinness, B., 2007. Women’s experiences of a follow through journey program with Bachelor of midwifery students. Women and Birth 20 (4), 149-152.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Cakrawala Kesehatan is indexed by: